Rabu, 04 April 2012

makanan khas makassar

Makanan khas makassar
Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak pulau.itu sebabnya indonesia disebut negara kepulauan.salah satu contoh yaitu makassar.makassar adalah kota yang terletak di provinsi sulawesi selatan.makassar terkenal dengan kebudayaan nya,tetapi selain itu terkenal juga berbagai macam makanan khasnya.
Contoh makanan khas nya yaitu :
1. Sop konro
Makanan khas Makassar yang satu ini adalah salah satu sasaran utama kuliner di daerah Sulawesi Selatan. Sup konro merupakan masakan khas Makassar yang disajikan berupa sop berkuah maupun dibakar dengan bahan-bahan dasar seperti tulang rusuk sapi atau kerbau, dimasak atau dibakar dengan bumbu ketumbar, jintan, sereh, kaloa, bawang merah, bawang putih, garam yang sudah dihaluskan. Sop Konro pada umumnya disajikan atau dimakan bersama nasi putih dan sambal.

2. Coto makassar
Coto makassar adalah salah satu makanan khas makassar yang dicari-cari oleh para pencinta kuliner.makanan yang berkuah kan santan ini dengan dicampur tauco dan berisi kan daging beserta jeroaan dan disajikan dengan sambal tauco dan ketupat memang sangat menarik setiap orang yang menikmati.

3. Pallu basa
Mirip-mirip dengan Coto,.. Pallu basa juga terbuat dari daging sapi tapi pallu basa biasanya disajikan dengan telur.

4. Pallu mara
Bagi yang tidak suka daging sapi tenang aja, Makassar juga punya makanan khas yang terbuat dari ikan yaitu Pallu mara. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan bandeng atau di Makassar dikenal dengan nama ikan bolu. rasa kuahnya menambah cita rasa ikan bandeng ini.
Dll.

1 komentar: